Fungsi Vas Deferens

fungsi epididimis
Fungsi Epididimis Vas Deferens

Fungsi Epididimis Vas Deferens – Vas Deferens merupakan saluran lanjutan dari saluran duktus epididimis. Vas Deferens adalah sebuah saluran panjang yang jugfungsi Vas deferens lurus adalah mengarah keatas yang ujungnya di kelenjar prostat. Untuk lebih jelasnya maka simaklah pembahasannya dibawah ini tentang Fungsi dari Van deferens, Pengertian, Struktur, dan juga fungsi nya.

Pengertian Vas Deferens

Vas Deferens merupakan saluran lanjutan dari saluran duktus epididimis. Vas Deferens adalah saluran panjang yang lurus dan juga mengarah keatas yang berujung pada bagian kelenjar prostat.

Baca Lainnya di: https://www.sherryanand.com/

Vas deferens dilapisi dengan epitel yang rendah. Vas deferens juga tidak melekat pada testis dan saluran ini terdapat pada ujung saluran yang berada didalam kelenjar prostat.

Vas deferens juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat saluran jalannya sperma yang berada di epididimis yang akan menuju kantung sperma atau biasa disebut vesikula seminalis.

Selain itu juga, saluran Vas deferens atau biasanya disebut dalam bahasa ilmiahnya biasa dikenal dengan sebutan ductus deferens yang bentuknya sebuah tabung yang juga dimiliki oleh hewan-hewan seperti bertulang belakang atau jantan yang fungsinya sebagai penyalurlan sperma dari saluran epididimis saat ia mengeluarkan sebuah sperma atau ejakulasi.

Biasanya posisi Vas Deferens itu membentang dari saluran epididimis menuju uretra. selain itu juga vas deferens memiliki sebuah fungsi lain yaitu menjadi suatu tempat penyimpanan sperma sesaat sebelum kalian ejekulasi atau sperma tersebut dikeluarkan lewat penis atau kelamin pria.

Yang dimana saluran ini akan berakhir di epididimis. Saluran ini juga sebagai penghubung testis atau kelenjar kelamin jantan dengan namanya kantong sperma.

Kantong sperma mempunyai sebuah peran didalam penampungan sperma yang terus dihasilkan oleh testis atau kelenjar kelamin pria

Fungsi Van Deferens

Fungsi utama saluran vas deferens ialah berfungsi untuk melakukan penyaluran sebuah sperma dari epididirmis saat terjadinya ejakulasi.

fungsi epididimis

Selain itu juga, saluran ini menjadi suatu tempat untuk penyimpanan sperma sesaat sebelum sperma itu akan dikeluarkan melalui epididimis.

Pembahasan :

Vas deferens merupakan sebutan lain dari ductus deferens yang dimana itu merupakan sebuah bentuk tabung yang dimiliki oleh vertebrata pada pria ataupun pada hewan yang mempunyai tulang belakang dan berfungsi sebagai tempat penyaluran sperma dari saluran epididimis sesaat sebelum ejakulasi terjadi.

Saluran vas deferens ini biasanya akan melakukan sebuah penghubungan pada testis ke kantong sperma yang dimana saluran ini berfungsi sebagai penampungan sperma saat sperma itu diciptakan atau dibuat oleh testis.

Struktur Vas Deferens

fungsi vesikula seminalis

Struktur saluran vas deferens ini mempunyai panjang sebesar 45 cm yang awal dari saluraan ini sampai ujung bagian bawah saluran epididimis lalu kemudian naik ke sepanjang aspek posterior sitestis dan berbentuk sebagai beberapa gulungan bebas.

Saat sudah melewati pada bagian belakang sikelenjar kelamin pria atau biasanya disebut dengan nama testis, vas deferens juga akan melewati korda spermatika lalu menuju abdomen .

Vas deferens juga dapat teraba yaitu sebagai tali yang teksturnya keras pada bagian posterior korda spermatika dan pada saat melewati bagian skrotum yang menuju cincin inguinalis superfisial.

Setelah saluran ini masuk pada abdomen ia akan melengkung terus ke arah medial yang menyilang arteri dibagian iliaka ekterna yang menuju ke pelvis.

Dari sana, vas deferens ini akan menyilang kembali saraf dan pembuluh darah obturator dan juga pembuluh vesikular.

Vas deferens dan juga duktus vesikula seminalis terus bersama-sama yang akan membentuk sebuah duktus ejakulatoris dan kemudian akan bermuara diuretra bagian prostat.

Setelah itu juga, vas deferens lalu menyilang siureter dan akan menuju keduktus vesikula seminalis.

Duktus ejakulatoris mempunyai ukuran pendek, panjangnya hanya 2,5 cm saja dan ia bertempat sangatlah dekat dengan duktus kontralateral pada waktu menuju pada bagian depan melalui prostat.

Dan itulah pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian dan juga terimakasih sudah membaca dan juga berkunjung